Pustaka Unsyiah Beradaptasi dengan Budaya Aceh dan Teknologi masa kini

PhotoGrid_1491805516021

Transformasi Warkop

             Aceh telah dikenal dengan kopinya oleh orang banyak. Bukan hanya sekedar kopi khasnya yang berkelas dunia, tetapi juga budaya ngopi masyarakat Aceh yang turun temurun dan tak terhapuskan oleh waktu dan jaman. Budaya ngopi pun kini tak luput tertanam dikalangan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di tanah rencong ini. Akutnya budaya ngopi dikalangan mahasiswa membuat mereka banyak menghabiskan waktu untuk duduk di warung kopi. Ramainya mahasiswa yang berlangganan kopi saat ini bukanlah sekedar pergi ke warung kopi untuk ngopi saja, namun mereka banyak melakukan berbagai aktivitas lainnya sembari menikmati suguhan kopi mereka. Banyaknya mahasiswa yang pergi ke warung kopi membuat kebanyakan dari mereka melakukan sebagian besar pekerjaan dan aktifitas mereka di warung kopi, misalnya, membuat tugas kuliah, menonton, bercengkrama dengan teman, dan juga bermain. Kini warung kopi pun banyak yang bertransformasi untuk mengikuti perkembangan jaman dan tuntutan customer mereka, seperti ruangan luas dan nyaman serta layanan WiFi gratis.

PhotoGrid_1491805389511

Libricafe (Coffe Cho)

            Untuk mengikuti perkembangan jaman dan budaya mahasiswa mayoritas masa kini, perpustakaan Unsyiah pun ikut berbenah dan mengikuti budaya serta perkembangan jaman. Saat ini, banyak mahasiswa yang meminati warung kopi. Sehingga, Kepala perpustakaan Unsyiah berinovasi untuk membuat warung kopi di perpustakaan Unsyiah dalam bentuk cafe. Inovasi tersebut pun kini telah terealisasi dengan adanya libricafe (coffe cho) di perpustakaan Unsyiah lantai satu. Kebijakan pustaka Unsyih ini merupakan gebrakan baru agar mahasiswa Unsyiah yang banyak bergerak dan meminati warung kopi kini bisa teralihkan ke pustaka Unsyiah yang kini telah ada libricafe (coffe cho). Kerjasama pustaka Unsyiah dengan Coffe Cho berawal dari Kepala Perpustakaan Unsyiah Bapak Dr. Taufiq Abdul Gani, S.Kom., M. Eng.Sc. yang seringnya duduk di coffe cho terfikir untuk mengajak kerjasama pihak waralaba ini. Alhamdulillah, kini perpustakaan Unsyiah telah dapat mengikuti perkembangan budaya jaman sekarang, khususnya dalam hal memfasilitasi pemustaka ataupun mahasiswa yang sering pergi ke warung kopi dengan menyediakan libricafe di lantai satu pustaka Unsyiah.

PhotoGrid_1491805217335

Teknologi di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala

             Selain tuntutan untuk mengikuti perkembangan budaya, kini perpustakaan Unsyiah pun dituntut mengikuti perkembangan teknologi jaman sekarang. Sebagai “Jantong Hatee” Rakyat Aceh, Unsyiah secara tidak langsung sebagai tempat proses belajar, mengenalkan, dan mengembangkan teknologi. Oleh karena itu, Unsyiah terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, tidak tekecuali yang dilakukkan oleh UPT perpustakaan dibawah naungan Universitas Syiah Kuala. UPT Perpustakaan Unsyiah saat ini telah memiliki beberapa teknologi canggih kekinian yang kini telah diterapkan untuk pemustaka setianya. Beberap teknologi canggih kekinian yang terdapat di UPT Perpustakaan Unsyiah diantaranya, Mesin peminjaman mandiri berbasis RFID, penerapan e-money, Resource Centre, aplikasi smart phone, jaringan internet gratis (LAN, WiFi), dan alat scan untuk chek-in. Selain itu, UPT perpustakaan Unsyiah juga memiliki fasilitas dan layanan bintang lima khusus untuk pemustakanya, seperti ruang sirkulasi, libricafe, mushalla, ruangan pemustaka yang nyaman, ruang tunggu, india corner, korean corner, layanan VPN,  UILIS, dan layanan ETD.

Buat kamu yang belum kenal Pustaka Unsyiah, cepat-cepat deh, chek-in disana dan rasakan sensasi layanan dan fasilitasnya sebelum kamu merasa rugi nantinya. Sebelum kamu rugi, kamu bisa baca Data Bicara, “Perpustakaan Go International, Mahasiswa Unsyiah Merugi”.

Catatan : Blog ini diikutsertakan dalam “Blog Competition ULF 2017”

Rujukan:

http://4.bp.blogspot.com/…../download.gif (diakses pukul 18.30 WIB, 09/04/17)

http://uilis.unsyiah.ac.id/ (diakses pukul 19.30 WIB, 08/04/17)

http://unsyiah.ac.id/ (diakses pukul 19.40 WIB, 08/04/17)

http://www.etd.unsyiah.ac.id/ (diakses pukul 21.55 WIB, 08/04/17)

Librisyiana edisi I

Librisyiana edisi II

Librisyiana edisi III

Librisyiana edisi IV

Librisyiana edisi V

Iklan

Satu respons untuk “Pustaka Unsyiah Beradaptasi dengan Budaya Aceh dan Teknologi masa kini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s